Anda membutuhkan layanan Website Profile dan Aplikasi Android untuk membantu Pemenangan Pilkada Bupati, Walikota atau Gubernur? Buat saja di Calon.ID. Klik Disini!
Sambut Pemilu dengan Kedewasaan dan Pegang Teguh Pancasila
Sambut Pemilu dengan Kedewasaan dan Pegang Teguh Pancasila
Jum'at, 09 Juni 2023 12:52 WIB | 492 views
Toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh dan menciptakan dunia yang damai dan sejahtera. Oleh karenanya, patut bagi semua untuk bergerak bersama, menolak ekstrimisme, politisasi identitas dan agama dan segala bentuk provokasi.


"Bersama menyambut pesta demokrasi dengan kedewasaan dan suka cita dengan memegang teguh Pancasila."


Petikan rangkaian kalimat tersebut salah satu amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo, yang dibacakan Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lingkungan KPU, Kamis (1/6/2023).

Hadir mengikuti Upacara Anggota KPU August Mellaz, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap serta Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima, Plt Deputi Bidang Adminstrasi Purwoto Ruslan Hidayat, Inspektur Utama Nanang Priyatna serta jajaran Eselon II.

Sebelumnya, Bernad saat masih membacakan amanat tertulis Presiden RI, menyampaikan bahwa kuatnya Indonesia menghadapi beragam krisis global dikarenakan fondasi ideologi Pancasila. Berlandaskan ideologi Pancasila pula di tengah geopolitik yang memanas Indonesia terus berupaya menciptakan perdamaian dunia. 

Hal ini tercermin dari suksesnya Indonesia menggelar pertemuan G20 dimana negara-negara yang tengah berseteru juga bisa duduk bersama untuk mencari solusi damai. Tidak hanya itu, keketuaan Indonesia pada pertemuan pemimpin ASEAN mendorong kerja sama antar negara ini makin kokoh dan bersatu, menjadi jangkar perdamaian dan kemakmuran kawasan. "Ini bukti bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tapi juga relevan untuk dunia," ucap Bernad. (humas kpu dianR/foto: dosen-hilvan-idan/ed diR)


Berikan Komentar Via Facebook